TABEL DAN FORMULASI

TABEL
Tabel adalah sekumpulan kolom dan baris yang digunakan untuk mengatur tampilan data teks dan angka bahkan grafik secara mudah. Perpotongan antar kolom dan baris disebut dengan cell. Ada 4 cara untuk membuat tabel, yaitu membuat tabel dengan menggunaan Ikon Tabel, Insert Table, Draw Table dan Quick Table


CARA MEMBUAT TABEL MELALUI ICON TABLE

  1. Tempatkan kursor di tempat yang diinginkan
  2. Klik tab insert, di dalam group tables, klik Tables
  3. Pada tampilan yang ada, klik dan sorot jumlah kolom dan baris sesuai dengan keinginan. Misalnya sorot 3 baris dan 5 kolom. Seperti  gambar berikut ini : 
  4. Setelah membuat tabel tersebut, maka di layar akan terlihat Tab Design dan Tab Layout

CARA MEMBUAT TABEL MELALUI  INSERT TABEL

  1. Tempatkan kursor di tempat yang diinginkan
  2. Klik Tab Insert di dalam Group Tables, lalu klik Tables
  3. Pada daftar pembuatan table, klik pilihan Insert Table
  4. Di layar akan muncul kotak dialog seperti berikut :
  5. Pada bagian Number of Column anda di minta untuk menentukan jumlah kolom yang akan dibuat, misalnya 3
  6. Tentukan pula jumlah baris pada bagian Number of Rows, misalnya 5
  7. Pada bagian AutoFit behavior beri tanda dengan checklist, pada bagian Fixed Column width  pilih Auto untuk menentukan lebar kolom secara otomatis
  8. Klik tombol OK

CARA MEMBUAT TABEL MELALUI DRAW TABLE

  1. Tempatkan kursor di tempat yang diinginkan
  2. Klik Tab Insert, di dalam Group Tables, klik Table
  3. Pada daftar pembuatan Table, klik pilihan Draw Table
  4. Di layar akan terlihat mouse berbentuk pena/pensil
  5. Seret pointer mouse ke bawah dan ke kanan sehingga membentuk persegi panjang
  6. Setelah terbentuk, gunakan icon pada Tab Design dan Layout sehingga akan terbentuk tabel yang lebih baik

CARA MEMBUAT TABEL MELALUI QUICK TABLE

  1. Tempatkan kursor di tempat yang anda inginkan
  2. Klik Tab Insert, didalam Group Tables klik Table
  3. Pilih menu Quick Table lalu pilih tabel yang diinginkan, seperti pada gambar berikut :

CARA MENGUBAH UKURAN TABEL

  1. Klik tabel yang ingin diubah ukarannya
  2. Tempatkan pointer mouse di pojok kanan bawah pada tabel tersebut sampai pointer mouse berubah menjadi tanda panah
  3. Klik dan jangan dilepas, kemudian drag/geser ke bawah-atas dan ke kanan-kiri sesuai yang diinginkan untuk mengubah ukurannya
  4. Lepaskan mouse bila ukuran tabel telah sesuai

CARA MENGUBAH LEBAR KOLOM

  1. Letakkan pointer mouse pada garis vertikal dimana kolom tersebut yang akan diubah
  2. Drag ke kanan jika ingin memperbesar ukuran kolom dan drag ke kiri jika ingin memperkecil ukuran kolom
  3. Perhatikan dilayar akan tampak garis vertikal yang terputu-putus. Lepaskan mousenya jika ukuran kolom telah sesuai

CARA MENGUBAH TINGGI BARIS KOLOM

  1. Letakkan pointer mouse pada garis horizontal dimana kolom tersebut yang akan diubah
  2. Drag ke atas jika ingin ukurannya lebih kecil dan drag ke bawah sehingga ukurannya menjadi lebih tinggi. Di layar tampak garis horizontal yang terputus-putus
  3. Lepas pointer mousenya jika ukurannya telah sesuai yang anda inginkan

CARA MENYISIPKAN BARIS PADA TABEL

  1. Sorot baris pada posisi mana yang akan disisipkan baris baru, misalnya pada baris akhir
  2. Klik tab Layout yang berada di dalam grup Rows & Columns, klik icon Insert Below untuk menyisipkan baris baru yang ditempatkan di bawah baris yang disorot atau bisa juga memilih Insert Above untuk menyisipkan baris baru yang ditempatkan di atas baris yang disorot

CARA MENYISIPKAN KOLOM PADA TABEL

  1. Sorot kolom pada posisi mana yang akan disisipkan kolom baru
  2. Klik tab Layout yang berada di dalam grup Rows & Columns, klik icon Insert Left untuk menyisipkan kolom baru yang ditempatkan di bagian kiri kolom yang disorot atau bisa juga memilih Insert Right untuk menyisipkan kolom baru yang ditempatkan di bagian kanan kolom yang disorot


CARA MENGHAPUS SEL, KOLOM, DAN BARIS
  1. Tempatkan kursor pada sel tertentu yang ingin dihapus
  2. Klik tab Layout yang berada dalam grup Rows & Colomn, lalu pilih icon Delete
  3. Pada icon Delete akan muncul kotak penghapusan sel, kolom, dan baris seperti pada gambar berikut :
    • Delete Cells, digunakan untul menghapus sel tertentu pada posisi kursor atau sel yang diblock
    • Delete Columns, digunakan untuk menghapus kolom tertentu pada posisi kursor atau sel yang diblock
    • Delete Rows, digunakan untuk menghapus baris tertentu pada posisi kursor atau sel yang diblock
    • Delete Table, digunakan untuk menghapus tabel

CARA MENGGABUNG SEL PADA TABEL
Menggabung sel ini  hanya dapat dilakukan pada baris atau kolom yang berdekatan dalam suatu tabel. Untuk menggabung beberapa sel, ikuti langkah berikut ini : 
  1. Block beberapa sel yang berdampingan
  2. Klik tab Layout yang berada di dalam grup Merge, lalu klik icon Merge Cells

CARA MEMBAGI SEL PADA TABEL

  1. Block atau pilih sel yang akan di pisah
  2. Klik tab Layout yang berada didalam grup Merge, lalu klik icon Split Cells hingga muncul kotak pilihan seperti pada gambar berikut :
  3. Pada kotak isian Number of Columns dan Number of Rows isi angka atau jumlah yang dibutuhkan
  4. Klik OK

CARA KONVERSI TABEL

Suatu saat jika anda sudah terlanjur mengetik teks, kemudian teks tersebut ingin diubah ke dalam table. Hal ini dapat Anda lakukan dengan syarat setiap teks yang dipisahkan kolom harus dipisahkan dengan tanda koma (,), tabulator, paragraph atau tanda lainnya yang dapat didefinisikan pada saat mengkonversi.

Contoh:


Langkah-langkah:


  1. Seleksi atau block seluruh text diatas
  2. Klik menu Insert, lalu pilih Table
  3. Lalu pilih menu Convert Text to Table, sehingga muncul kotak dialog seperti pada gambar berikut:
  4. Klik OK

Ket :
Number of Columns, akan terisi secara otomatis sesuai dengan teks yang dibuat.
Separate text at : separator/pemisah yang digunakan bisa berbentuk Paragraf, Koma, Tabulasi atau yang lainnya


BERHITUNG PADA TABEL

Untuk menghitung data yang sifatnya angka pada Word 2010, proses perhitungannya sangat sederhana sekali. Kita dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, nilai rata-rata, nilai terkecil dan lain sebagainya. Contoh dari tabel berikut ini :



  1. Letakkan pointer di sel E2
  2. Klik tab Layout dan dalam grup Data, klik ikon Formula sehingga muncul kotak dialog di bawah ini :
  3. Pada kotak isian Formula, ketik =C2*D2
  4. Pada Kotak Isian Number Format, pilih Format Tampilan Angka yang diinginkan
  5. Klik OK
Berikut Rumus beserta fungsi berhitung pada tabel:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TABEL DAN FORMULASI"

Posting Komentar