MEMULAI MS. OFFICE 2010
Untuk memulai atau menjalankan Microsoft Word (Win 8/10), ikuti langkah
berikut ini :
1. Klik tombol start pada
taskbar
2. Klik kanan dan pilih all
apps
3. Cari menu Microsoft
Office
4. Kemudian pilih Ms.
Office 2010
5. Tunggu beberapa saat
hingga muncul tampilan layar word
AREA KERJA MS. OFFICE 2010
KET:
A. Customize Quick Access Toolbar
B. Title bar
C. Minimize/maximize, restore down, close
D. Menu bar
E. Toolbars
F. Cursor
G. Textarea
H. Ruler
I. Scroll
J. Status bar
MENGATUR TAMPILAN LAYAR
Word 2010 menyediakan berbagai bentuk tampilan yang dapat diatur sesuai
dengan yang kita inginkan. Untuk memilih dokumen dilakukan dengan memilih ikon
bentuk tampilan yang berada di sebelah kanan baris status atau bisa juga dengan
memilih menu view di dalam group document views.
MENGAKTIFKAN RULER DAN GRIDLINES
1. Klik menu view
2. Pada bagian show, beri
tanda checkmark pada ruler/gridlines
MEMBUAT DOKUMEN
1. Klik menu file
2. Klik new dan kotak
dialog New Document pun akan muncul
3. Klik Blank Document atau
shortcut ctrl+n
4. Klik create
MENYIMPAN DOKUMEN
1. Klik menu file
2. Pilih save/save as
3. Pada save as pilih
ekstensi yang diinginkan
4. atau shortcut ctrl+S
MEMPROTEKSI DOKUMEN
Proteksi dilakukan apabila ingin melakukan penggunaan hak akses untuk
membuka dokumen yang kita buat, sehingga dokumen nantinya hanya dapat dibuka
dengan cara sebagai berikut:
1. Klik menu file
2. Pilih info
3. Pada bagian permission,
klik protect document
4. Klik encrypt with
password
5. Ketikan password,
misalkan informatika15
6. Pilih OK
7. Konfirmasi kembalik
password yang telah dimasukkan
8. Klik OK
MENUTUP DOKUMEN
1. Klik menu file
2. Pilih close
3. atau bisa dengan
shortcutnya ctrl+W
FUNGSI DASAR MS. WORD
Kali ini saya membahas tentang fungsi-fungsi dasar untuk membuat dan
mengelola dokumen. Tampilan dari dokumen yang dibuat menggunakan fitur cover
page.
Berikut langkah-langkahnya :
1. Buat dokumen baru, klik
file -> new -> blank document -> create
2. Simpan dokumen dengan
format yang diperlukan
3. Untuk membuat cover
page, klik menu insert -> cari sub menu cover page -> pilih model yang
digunakan (contoh: model austin)
4. Dalam Cover page ada 2
komponen yang didiisi, komponen ke-1 mengenai data diri anda sedangkan komponen
ke-2 menuliskan pada paragraph pertama mengenai pemahaman anda apa itu
teknologi informasi dan bagaimana perkembangannya saat ini, dan paragraph kedua
mengenai motivasi anda memilih prodi IF.
5. Untuk mengubah tampilan
background dari halaman cover dapat dilakukan dengan cara : klik menu page
layout -> page color -> pilih warna yang diinginkan
6. Untuk pengaturan line
spacing, klik menu ribbon paragraph à line spacing and paragraph
-> pilih sesuai format yang dinginkan
7. Untuk mengganti warna
dari masing – masing komponen yang ada dalam cover page dapat dilakukan dengan
cara klik objek yang akan diganti, misalkan dalam hal ini objek mengenai data
diri anda,
8. Klik Menu Bar Format
(Text Box Tools) à Pilih warna yang akan diganti, begitupun untuk mengubah
objek
Belum ada tanggapan untuk "CARA KERJA MICROSOFT WORD 2010"
Posting Komentar